Ruang Meditasi

Aku Naik Pangkat, Pelayananku Meningkat

Written by Yudi Dahlan on . Posted in Ruang Meditasi

Sebanyak lima ratus dua puluh sembilan pegawai negeri sipil Pemerintah Kabupaten Bantul periode 01 Oktober 2014 memperoleh haknya sebagai PNS yaitu kenaikan pangkat PNS. Bertempat di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul, apda tanggal 30 Oktober 2014 telah diselenggarakan kegiatan penyerahan SK Kenaikan Pangkat bagi PNS Pemerintah Kabupaten Bantu untuk periode 01 Oktober 2014. Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 yang telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Kenaikan Pangkat PNS dan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pembentukan Lembaga Teknis Daerh di lingkungan Kabupaten Bantul yang termasuk di dalamnya adalah Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bantul yang diantara salah satu tupoksinya adalah sebagai penyelenggara proses administrasi kepangkatan PNS di Kabupaten Bantul.

Belajar dari Pemuda dalam Mereformasi Birokrasi

Written by Yudi Dahlan on . Posted in Ruang Meditasi

Euforia peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2014 mungkin masih terasa di lingkungan sekitar kita meskipun tidak semeriah peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia maupun momentum pergantian tahun baru. Namun pernahkan terbesit sekecil pemikiran pelajaran apa yang bisa diambil dari peringatan tersebut? Lantas apa korelasi yang dapat diterapkan dalam penyelenggaraan tugas pokok kita sebagai seorang pegawai negeri sipil? "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia." Jangan sampai esensi terpenting dari peringatan ini kabur menguap begitu saja menjadi sebuah kegiatan ceremonial yang tak membekas di lubuk hati.

"Mungkin Bantul Hanya Satu-satunya di Indonesia"

Written by Yudi Dahlan on . Posted in Ruang Meditasi

"Mungkin di Indonesia, hanya Kabupaten Bantul yang menjadikan penanganan pendidikan dalam dua dinas. Dimana pendidikan dasar diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dasar, sedangkan pendidikan tingkat atas dan non formal diampu oleh Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal. Dan saai ini pun, pemerintah pusat sepertinya mengikuti Bantul" - Sepenggal kalimat tersebut menjadi sebuah cerita intermezo yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Bantul, Bapak Drs. Misbakhul Munir, M.Si, disela-sela sambutannya ketika menerima tamu peserta benchmarking Diklat Kepemimpinan Tk. IV Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi, Sumatera Barat, pada hari Senin, 27 Agustus 2014 bertempat di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul.

Kepala SD adalah "Branch Manager of CSAA Bantul"

Written by Yudi Dahlan on . Posted in Ruang Meditasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa kepala sekolah dasar sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah menjadi kunci utama dalam memberikan kemajuan atau tidaknya dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan tingkat dasar. Seorang kepala sekolah diharuskan memiliki kemampuan untuk memotivasi para bawahan untuk bekerja sama dalam rangka mewujudkan visi dan misi masing-masing sekolah maupun visi dari Kabupaten Bantul. Seribu lebih guru/staf PNS yang bekerja di tingkat sekolah dasar tentu mengharuskan seorang kepala SD menjadi patner Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bantul dalam hal pelayanan-pelayanan masalah kepegawaian. Dengan demikian seorang kepala SD wajib mengetahui serta memahami aturan main [paling tidak dasar] serta masalah-masalah yang terjadi dalam bidang kepegawaian sehingga bisa mengarahkan bawahannya untuk mentaati aturan-aturan kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Bravo...! BKD Bantul menjadi Nomine Tata Naskah Dinas Terbaik se-D.I. Yogyakarta

Written by Yudi Dahlan on . Posted in Ruang Meditasi

Bertempat di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, dengan diwakili oleh Sekretaris BKD, Bapak Kusmardiono, S.Sos., M.Acc, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bantul menerima penghargaan sebagai nomine tata naskah dinas terbaik instansi pemerintah kabupaten/kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Rabu, 22 Oktober 2014. Kegiatan yang dikonsep dalam Penghargaan Bahasa dan Sastra Tahun 2014 tersebut diselenggarakan oleh Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan membangun kesadaran masyarakatt untuk tertib berbahasa Indonesia dalam penulisan tata naskah dinas Sebagai nomine terbaik, BKD Kabupaten Bantul mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Akhirnya, Mimpi Enam Bocah Itu Terwujud di IPDN Jatinangor

Written by Yudi Dahlan on . Posted in Ruang Meditasi

Perjalanan panjang dari Bulan Agustus hingga 15 Oktober 2014 melalui berbagai motivasi baik itu kemauan pribadi, keisengan maupun perintah dari orang tua akhirnya berakhir bahagia bagi keenam putera dan puteri Bantul setelah dinyatakan lolos seleksi tes penentuan akhir di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Sumedang Jawa Barat. Tes penentuan akhir yang dilaksanakan pada hari Kamis s.d. Minggu tanggal 9 s.d. 12 Oktober 2014 merupakan tes ulang di seleksi tahap provinsi dimana para calon praja IPDN diminta untuk mengikuti tes kesehatan, tes kesamaptaan dan tes wawancara.

Perpanjangan Waktu Pendaftaran Beasiswa S2 Magister Hukum APBD Pemkab Bantul Tahun 2014

Written by Yudi Dahlan on . Posted in Ruang Meditasi

Dengan ini kami sampaikan perubahan ketentuan Pendaftaran Penerimaan Calon Peserta Beasiswa S2 Magister Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Beasiswa APBD Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun 2014 antara lain sebagai berikut.

  1. Latar belakang pendidikan pelamar, yang semula tertulis di Pegumuman : S2 Magister Hukum Konsentrasi Hukum Konsentrasi Hukum Kenegaraan = S1 Hukum (bukan Sarjana Hukum Islam) diubah menjadi S2 Magister Hukum Konsentrasi Hukum Konsentrasi Hukum Kenegaraan = S1 Semua Jurusan;
  2. Jadwal pendaftaran yang semula tertulis 01 s/d 26 September 2014 diubah menjadi 01 September 2014 s/d 31 Oktober 2014.
Informasi lebih lanjut terkait dengan pengubahan pengumuman tersebut dapat diunduh disini. Jangan lupa sebelum mendaftar harus melalui mekanisme SIMSTB terlebih dahulu yang dapat dilihat disini. Demikian untuk menjadi perhatian. (yudha)

Mind Flash

Andrew Carnegie

Bila Anda ingin bahagia, buatlah tujuan yang bisa mengendalikan pikiran, melepaskan tenaga, serta mengilhami harapan Anda.

шаблоны joomla 2.5